Packaging Bandung

ads header

Terbaru

Pengertian Aqiqah Menurut Islam


Pengertian Aqiqah – Memiliki buah hati memang sangat menyenangkan bagi orang tua. Serta salah satu tujuan dari berkeluarga adalah memiliki keturunan yang menyejukkan hati. Namun, dalam setiap anak yang lahir didalam keluarga memiliki suatu kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap orang tua muslim yang harus dituanaikan.
Setiap orang tua yang memiliki anak didalam keluarga mereka memiliki kewajiban untuk melakukan aqiqah terhadap anak – anak mereka. Didalam islam telah dijelaskan dengan jelas dan lengkap baik dalam Al-qur’an, Hadits, serta penjelasan para ulama.
Bagi anda merupakan keluarga baru yang belum mengetahui terkait aqiqah dan penjelasan didalamnya. Berikut ini adalah penjelasan terkait pengertian aqiqah, aqqiqah menurut islam, pengertian aqiqah menurut bahasa dan istilah. syarat aqiqah, hukum aqiqah, hukum aqiqah dalam islam, dalil aqiqah/akikah.
tujuan aqiqah, doa aqiqah, waktu pelaksanaan aqiqah, aqiqah setelah dewasa. kambing aqiqah, syarat kambing aqiqah, tasyakuran aqiqah, ketentuan hewan aqiqah. aqiqah anak, aqiqah anak laki laki, aqiqah anak perempuan, tata cara aqiqah, dan beda aqiqah dengan qurban.

Pengertian Aqiqah

Pengertian aqiqah merupakan salah satu bentuk ibadah kepada Allah atas lahirnya seorang anak baik itu laki laki maupun perempuan. Dimana, aqiqah atau Al aqiqah sendiri merupakan hewan yang dikurbankan hanya kepada Allah dengan cara menyembelih hewan tersebut. Dengan melakukan aqiqah merupakan salah satu bentuk pendekatan diri dan ucapan rasa syukur kepada kenikmatan Allah.
Aqiqah juga merupakan pengambilan rambut yang tumbuh dikepala bayi yang dimana, hewan sembelihan bertepatan pada hari rambut bayi tersebut dipotong.

Pengertian Aqiqah Menurut Bahasa dan Istilah

Menurut bahasa aqiqah berasal dari kata ’Aqiqah berasal dari kata ’aqqu (عَقُّ) yang mempunyai arti potong. Kata potong disini terdapat dua jenis yaitu memotong dalam artian mencukur rambut bayi  yang akan diaqiqah. Kemudian, makna kata potong yang kedua adalah menyembelih hewan kurban untuk bayi yang diaqiqahkan.

Pengertian Aqiqah Menurut Islam

Aqiqah menurut islam dan sunnah terdapat beberapa penjelasan dari para sahabat dan ulama ahlusunnah. Dimana, beberapa penjelasan tentang aqiqah menurut islam:
a. Ibnul-Qayyim menukil perkataan Abu ’Ubaid bahwasannya Al-Ashmaa’iy dan lain-lain berkata :”Pada asalnya makna ’aqiqah itu adalah rambut bawaan yang ada di kepala bayi ketika lahir.” Hanya saja, istilah ini disebutkan untuk kambing yang disembelih ketika ’aqiqah karena rambut bayi dicukur ketika kambing tersebut disembelih.
Sumber : Tuhfatul-Maudud bi-Ahkaamil-Maulud oleh Ibnul-Qayyim, hal. 33-34, tahqiq : Abdul-Mun’im Al-‘Aaniy; Daarul-Kutub Al-‘Ilmiyyah; Cet. 1/1403, Beirut.
b. Al-Jauhari mengatakan : ”Aqiqah adalah menyembelih hewan pada hari ketujuhnya, dan mencukur rambutnya”.  Selanjutnya Ibnul-Qayyim berkata : “Dari penjelasan ini jelaslah bahwa aqiqah itu disebutkan demikian karena mengandung dua unsur di atas dan ini lebih utama”.
Sumber : Tuhfatul-Maudud bi-Ahkaamil-Maulud oleh Ibnul-Qayyim, hal. 35-36, tahqiq : Abdul-Mun’im Al-‘Aaniy; Daarul-Kutub Al-‘Ilmiyyah; Cet. 1/1403, Beirut.
c. Oleh karena itu, definisi ’aqiqah secara syar’iy yang paling tepat adalah binatang yang disembelih karena kelahiran seorang bayi sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah ta’ala dengan niat dan syarat-syarat tertentu.
Sumber : Shahih Fiqhis-Sunnah oleh Abu Malik Kamal bin Sayyid Salim, 2/380; Al-Maktabah At-Taufiqiyyah, Cairo.

Hukum Aqiqah

Aqiqah menurut pendapat yang paling kuat, hukumnya dalah sunnah muakkadah, ini adalah pendapat jumhur ulama. Hal ini berdasarkan anjuran dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihin wasallam dan praktek langsung oleh Rasulullah,
Rasulullah bersabda: “Bersama anak laki-laki ada aqiqah, maka tumpahkanlah (penebus) darinya darah (sembelihan) dan bersihkan darinya kotoran (cukur rambutnya)”. (HR. Ahmad, Al-Bukhori dan Ashhabus sunan).
Dalam hadits ini ada perintah dalam perkataan Rasulullah “maka tumpahkan (penebus) darinya darah (sembelihan)”, perintah di sini bukan bersifat wajib, sebab ada sabda Rasulullah yang memalingkan dari kewajiban tersebut.
Rasulullah bersabda: “Barang siapa di antara kalian yang ingin menyembelihkan bagi anaknya, maka silahkan lakukan”. (HR. Ahmad, Abu Dawud dan An-Nasai dengan sanad yang hasan).
Dalam hadits ini rasulullah mengatakan “ingin menyembelihkan”, ini menjadi dalil yang memalingkan perintah yang asalnya wajib menjadi sunnah.

Waktu Pelaksanaan Aqiqah

Disunnah melakukan aqiqah pada hari ketujuh dari kelahiran, ini berdasarkan hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Rasulullah bersabda: “Setiap anak itu tergadai dengan hewan aqiqahnya, disembelih darinya pada hari ke tujuh, dia dicukur dan diberi nama”. (Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Ashhabus Sunan, dan dinyatakan shohih oleh At-tirmidzi).
Bila aqiqah tidak bisa dilakukan pada hari ke tujuh, disunnah dilakukan pada hari ke empat belas, dan bila tidak bisa, maka lakukan pada hari ke dua puluh satu.
Dari abdullah bin Buraidah dari ayahnya dari Rasulullah shallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda: “hewan aqiqah itu disembelih pada hari ke tujuh, ke empat belas, dan dua puluh satu”. (hadits hasan riwayat Al-Baihaqi).
Setelah hari ke dua puluh satu masih belum sanggup melakukan aqiqah, maka pelaksanaannya dikala sudah mampu. Pelaksanaan aqiqah pada hari ke tujuh, empat belas, dan dua puluh satu, sifatnya adalah sunnah dan bukan wajib.

Aqiqah Setelah Dewasa

Kewajiban aqiqah merupakan tanggung jawab yang dibebankan kepada orang tua anak, namun bila orang tuanya belum mampu menyembelihkan aqiqah untuknya sampai dia dewasa, dia bisa menyembelih hewan aqiqah untuk dirinya sendirinya,
Syaikh Shalih Al-Fauzan berkata: “Dan ia tidak diaqiqahi oleh ayahnya, lalu kemudia dia mengaqiqahi dirinya sendiri, maka hal tidak masalah menurut saya, wallahu a’lam”.

Kambing Aqiqah

Syarat Kambing Aqiqah

Hewan yang boleh disembelih untuk aqiqah Bandung, syaratnya sama dengan hewan yang disembelih untuk qurban, dari segi usia dan kriterianya.
Imam Malik berkata: “Aqiqah itu seperti layaknya nusuk (sembelihan denda larangan haji) dan udhhiyah (qurban), tidak diperbolehkan dalam hal ini hewan yang sakit, kurus, picak, dan patah tulang”.
Imam Asy-Syafi’i berkata: “Dan cacat pada hewan untuk aqiqah harus dihindari sebagaimana yang tidak diperbolehkan dalam halam hewan qurban”.
Ibnu Abdul Barr berkata: “Para ulama telah ijma’ bahwa pada hewan aqiqah ini tidak diperbolehkan hal-hal atau apa-apa yang tidak diperbolehkan dalam udhhiyah, harus dari Al-Azwaj Ats-Tsamaniyyah, yaitu domba, kambing, sapi, dan onta, kecuali pendapat yang ganjil yang tidak dianggap”.
Namun tidak diperbolehkan dalam aqiqah berserikat sebagaimana dibolehkannya berserikat dalam udhhiyah, baik domba/kambing, atau sapi atau unta. Sehingga apa ada yang aqiqah dengan sapi ataupun unta, tidak boleh untuk untuk tujuh orang sebagaimana pada qurban, hanya boleh untuk satu orang

Ketentuan Hewan Aqiqah

Bagi orang tua yang ingin mengakikah anaknya membutuhkan hewan aqiqah yang penting sebagai syarat dalam melakukan aqiqah. Hewan aqiqah yang diperlukan untuk bayi laki-laki berbeda dengan hean aqiqah untuk anak perempuan.

Aqiqah Anak Laki laki

Pada Aqiqah anak laki-laki dianjurka atau disunnah dengan dua ekor kambing, kalau tidak sanggup, maka boleh cukup dengan satu ekor saja dan itu sudah dianggap sah

Aqiqah Anak Perempuan

Adapun anak perempuan, maka aqiqahnya hanya dengan satu ekor kambing atau domba yang telah memenuhi syarat sebagai hewan aqiqah

Doa Aqiqah

Saat menyembelih hewan aqiqah, disyari’atkan membaca sebagaimana yang disyari’atkan pada qurban. Ada tuntunan membaca, Bismillah, Takbir “Allahu akbar”, dan Aqiqah min (menyebutkan nama anak yang diaqiqah).
Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Al-Baihaqi, disebutkan:
أن رسول الله صلى الله عليه وسلم عق الحسن و الحسين شاتين يوم السابع و أمر أن يماط عن  رأسه الأذى و قال اذبحوا على اسمه وقولوا بسم الله و الله أكبر اللهم لك وإليك هذه عقيقة فلان
“Bahwa sanya Rasulullah Shallallahu ‘alihi wasallam mengaqiqah Al-Hasan dan Al-Husain dengan dua ekor kambing pada hari ke tujuh, dan diperintahkan agar rambut kepalanya dicukur. Lalu beliau berkata sembelihlah atas namanya, ucapkan ‘Bismillah wallahu akbar. Allahumma laka wa ilaik. Hadzihi aqiqatu fulan’. (Dengan nama Allah, Allah yang maha besar. Ya Allah, ini milikMu dan untukMu. Ini adalah aqiqah untuk si fulan”.

Pembagian Daging Aqiqah

Mengenai daging hewan aqiqah, sebagian ulama mengatakan bahwa pembagiannya hampir sama dengan pembagian daging qurban, sebagiannya boleh dimakan oleh keluarga yang diaqiqahkan dan sebagiannya lagi dibagikan kepada fakir miskin dan tetangga.
Apabila keluarga dari yang diaqiqahkan tidak memakan dan memberikan seluruhnya kepada fakir miskin, itu tetap dibolehkan dan tidak halangan untuk itu.
Syaikh Utsaimin berkata: “Dan tidak apa-apa dia mensedeqahkan darinya dan mengumpulkan kerabat dan tetanggannya untuk menyantap makanan daging aqiqah yang sudah matang”.
Menurut Syaikh Jibrin, sunnahnya dia memakan sepertiga darinya, mengahdiahkan seoertiganya, dan mensedeqahkan sepertiganya untuk kaum muslimin.
Adapun Syaikh bin Baz, beliau memberikan kebebasan antara mensedeqahkan seluruhnya atau mensedqahkan sebagiannya dan memasaknya, lalu mengundang kerabat, teman-teman, para tetangga, dan kaum muslimin yang lain untuk menyantapnya.
Daging aqiqah disunnah dibagikan dalam keadaan sudah matang atau sudah dimasak, ini yang membedakan dengan pembagian daging qurban yang lebih dianjurkan dalam keadaan mentah.

Bagi anda yang membutuhkan LAYANAN Jasa Aqiqah Bandung dan Jasa Aqiqah Cimahi, silahkan kontak informasi dibawah ini :

Office : Jl. Ciguruwik No.169, Cinunuk Bandung
Telepon : 0813 2130 0848
WhatsApp : +62 813-2130-0848
E-Mail : info@aqiqahnusantara.co.id
Website : http://aqiqahnusantara.co.id/

No comments