Packaging Bandung

ads header

Terbaru

Tertarik Bisnis Percetakan ?


Dahulu kala kebutuhan pokok manusia adalah sandang, pangan, papan. Namun seiring dengan perkembangan zaman dan perkembangan teknologi, maka kebutuhan pokok manusia saat ini berkembang menjadi sandang, pangan, papan dan advertising. Seorang teman saya pernah berkata, jika ingin berbisnis yang sifatnya adalah bisnis life cycle jangka panjang, maka mulailah dengan bisnis yang merupakan kebutuhan pokok manusia, karena kebutuhan pokok merupakan suatu kebutuhan yang wajib dipenuhi oleh setiap orang.

Oleh karena itulah saya memulai salah satu bisnis yang menjadi kebutuhan pokok manusia yang terakhir yaitu advertising atau lebih dikenal dengan istilah percetakan. Bisnis percetakan merupakan bisnis yang tidak bisa dipandang sebelah mata apalagi saat ini bisnis percetakan telah berkembang semakin pesat seiring majunya perkembangan teknologi saat ini. Dikatakan bisnis yang tak pernah lekang oleh waktu dan merupakan kebutuhan pokok manusia secara tidak langsung, dikarenakan bisnis ini telah mencakup hampir seluruh kebutuhan hidup manusia saat ini, hal ini dapat kita lihat dari barang-barang yang ada di sekeliling kita seperti buku, nota, faktur, kalender, poster dan yang paling sering kita lihat adalah saat seseorang mengundang kita untuk datang ke acara pernikahannya, tentunya mereka mengirimi kita surat undangan terlebih dahulu kepada kita.

Berbekal teori desain grafis dari lembaga yang pernah saya ikuti serta mengawalinya dengan bekerja di percetakan sebagai tenaga desain grafis, saya mulai mempelajari sistem dan proses produksi pencetakan yang ada di tempat saya bekerja, mulai dari tahap menerima order, menganalisa order, kalkulasi biaya cetak, komponen produksi yang dibutuhkan, proses produksi, kalkulasi modal dan omzet sampai ke finishing produk. Kemudian dengan modal teori serta pengalaman yang telah saya miliki, saya mulai memberanikan diri untuk memulai sendiri bisnis percetakan ini. Memulai bisnis ini dari rumah yaitu dengan mengerjakan desain yang diminta di rumah, bermodalkan komputer serta printer, saya mulai mengerjakan order yang masuk. Menerapkan strategi pemasaran dengan memanfaatkan networking dari orang-orang terdekat saya, seperti teman-teman dan kerabat-kerabat terdekat sebagai client saya.

Bisnis percetakan bukanlah suatu bisnis yang tanpa resiko tentunya, justru resikonya lebih besar apabila kita salah dalam memanajemen bisnis ini. Oleh karena diperlukan manajemen, Sumber Daya Manusia, serta analisa yang kuat pada saat menerima order. Penguasaan desain grafis yang diikuti dengan kreativitas tentunya, merupakan modal yang cukup bagi saya untuk dapat memulai bisnis ini, serta diiringi dengan Sumber Daya Manusia yang mampu menelaah keinginan dari client sehingga pembuatan materi desainnya sesuai dengan keinginan dari client tersebut, tingkat pelayanan dengan memberikan kepercayaan yang baik terhadap client juga merupakan salah satu aspek yang penting dari bisnis ini.

Proses pengerjaan desain tentunya saya lakukan di rumah, dengan memanfaatkan teknologi komputer serta aplikasi desain yang ada, kemudian untuk pembelian bahan baku dapat dilakukan di tempat yang menjual bahan baku tersebut serta proses pencetakan yang dapat dilakukan di tempat percetakan yang menyediakan jasa ongkos cetak. Social network atau jaringan yang luas tentunya sangat diperlukan dalam bisnis ini, karena semakin besar networking atau jaringan yang kita miliki, maka semakin besar pula jumlah order yang akan kita miliki, seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa kita dapat memulainya dengan jaringan terdekat kita seperti kerabat atau teman terdekat kita, apalagi dengan perkembangan teknologi saat ini kita dapat memperbesar jaringan kita secara online melalui online social networking yang ada.

Bisnis percetakan saat ini sudah berkembang semakin pesat, apalagi dengan perkembangan teknologi yang semakin maju saat ini, membuat bisnis semakin menjamur, Namun peluang bisnis ini tetap masih terbuka lebar, karena jumlah populasi manusia yang semakin bertambah tentunya tingkat kebutuhan orang terhadap percetakan akan semakin bertambah pula, hal ini sudah pasti membuat pasar dari bisnis percetakan ini semakin terbuka lebar.

Dengan memanfaatkan tren yang ada di masyarakat serta selalu mencari ide-ide baru dengan kreativitas untuk menghasilkan karya-karya yang unik, pelayanan terhadap client dengan memberikan kepercayaan yang baik, serta serta tingkat kepuasan client terhadap materi desain yang dihasilkan, merupakan salah satu strategi yang baik dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat. Tentunya hal itu tidak akan berarti jika kita tidak memiliki semangat pantang menyerah, Oleh karena itu keras tidaknya tingkat persaingan tergantung kita menghadapinya, apakah itu sebagai rintangan, atau itu merupakan sebuah tantangan yang harus dikalahkan. Ada pepatah mengatakan, Sukses Tua itu biasa, tapi Sukses Muda itu baru luar biasa.


Semoga artikel singkat ini bisa memberikan inspirasi dan pengetahuan mengenai usaha percetakan. Oya bagi anda yang sedang mencari percetakan offset di Bandung atau percetakan di Bandung dibawah ini bisa jadi rekomendasi yang bagus :
=======================================================================

Gita Print

Office : Rajawali Sakti 1 No. 33 – 35, Kel. Dunguscarian, Kec. Andir, Bandung 40184
Telepon : 0811-9011-333
E-Mail : admin@gitaprint.com
Web : gitaprint.com

=======================================================================

No comments